Gapasdap Gelar Diskusi Mengenai Mitigasi dan SOP Pengangkutan Kendaraan Listrik

Surabaya, Brilian-news.id – Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) menggandeng Kemenhub dan KNKT menggelar diskusi mengenai Standart Operating Procedure (SOP) pengangkutan kendaraan listrik menggunakan kapal penyeberangan di Surabaya, Selasa (5/3).

Diskusi ini sebagai tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya di Lampung pada November 2023 tahun kemarin. Menurut Ketua Umum Gapasdap Khoiri Soetomo, diskusi ini menjadi penting karena angka kecelakaan kapal dimana 33 persen lebih berupa insiden kebakaran yang dipicu oleh material angkut berupa limbah B3 hingga barang berenergi seperti kendaraan listrik.

“Melihat dari kondisi tersebut, kita juga mengetahui tahun 2023 kemarin, juga ada kejadian beberapa kebakaran kapal yang disebabkan oleh muatan di atas truk yang masuk ke dalam kapal. Dimana muatan itu berasal dari kendaraan listrik, terutama kendaraan sepeda motor listrik,” ujar Khoiri.

Bacaan Lainnya

Apalagi, kata dia, kapal selama ini jadi pilihan utama sebagai sarana angkutan penyeberangan laut, sungai dan danau daripada transportasi darat maupun udara.

“Inilah yang menyebabkan kita tidak ingin kejadian-kejadian tersebut terus berulang,” lanjutnya. Oleh sebab itu, pihaknya menggandeng Kemenhub, KNKT serta berbagai perusahaan jasa pegiriman untuk merealisasikan berbagai langkah yang telah dibuat demi keselamatan dan keamanan angkutan penyeberangan.

“Makanya kita memohon kepada pihak regulator, Kementerian Perhubungan, untuk bersama-sama duduk satu meja membuatkan panduan, standart operating procedur, yang itu mengarah kepada guidance, guidlines sampai kepada regulasi sehingga masyarakat luas bisa memahami dan memitigasi,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *