Brilian•BANDUNG – Sebanyak 170 relawan dari komunitas pecinta kereta api (Railfans) dan Pramuka turut ambil bagian dalam mendukung kelancaran pelayanan Angkutan Lebaran 2025 di wilayah Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung. Mereka secara sukarela membantu PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan mendirikan posko pelayanan di sembilan stasiun strategis, sejak 24 Maret hingga 6 April 2025.

Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardojo, mengungkapkan apresiasinya atas peran aktif komunitas seperti Edan Sepur, Sahabat Kereta Api, Railfans Cianjur, Railfans Cimahi, dan unsur Pramuka. “Kehadiran mereka sangat membantu pelanggan, terutama dalam menciptakan suasana tertib dan nyaman di stasiun,” ujarnya, Sabtu (5/4/2025).

Para relawan bertugas memberikan informasi kepada pelanggan, membantu penumpang yang membutuhkan bantuan khusus, serta mengatur arus naik dan turun penumpang. Mereka telah dibekali pelatihan singkat dan atribut khusus agar mudah dikenali di lapangan.

Hingga H+4 Lebaran, tercatat 367.176 pelanggan telah diberangkatkan dari wilayah Daop 2 Bandung, melampaui kapasitas tempat duduk yang disediakan yaitu 355.996 kursi. Hal ini dimungkinkan karena adanya perjalanan parsial dalam satu rangkaian kereta. Tingkat okupansi pun mencapai 103,3 persen.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KAI menambah satu rangkaian kereta eksekutif pada KA Argo Parahyangan relasi Bandung–Gambir PP, dengan jadwal keberangkatan pukul 19.25 WIB dari Stasiun Bandung, yang berlaku hingga 8 April 2025.

PT KAI juga mengimbau masyarakat agar memantau ketersediaan tiket melalui aplikasi Access by KAI dan kanal resmi lainnya, serta datang lebih awal ke stasiun untuk kelancaran proses boarding. Di Stasiun Bandung dan Kiaracondong, boarding KA jarak jauh akan ditutup 5 menit sebelum keberangkatan.**