Empat Galian Pasir Tuban Tak Kantongi Izin, Beranikah Polisi Bertindak

Cuplikan video tambang yang berada di Tuban, dan screenshot ke Kasatreskrim Polres Tuban (dok : brilian)

Brilian°Tuban – Adanya aktivitas tambang pasir yang berada di wilayah Tuban kini keberadaannya makin banyak ditemukan, hal tersebut diduga kuat adanya pembiaran dari aparat hukum setempat yang terkesan enggan menanggapi persoalan perusakan alam tersebut.

Bahkan baru baru ini, ditemukan 4 lokasi galian tambang pasir yang berada di kecamatan Montong, Bancar, Jatirogo, dan Tambak Boyo, uniknya lagi lokasi tersebut tidak mengantongi izin resmi.

Namun keberadaan tambang tersebut terkesan aman, meskipun sudah jelas dilakukan secara ilegal dan mampu membuat ekosistem alam menjadi rusak. Parahnya lagi salah satu pejabat hukum Kasatreskrim Polres Tuban enggan menanggapi permasalahan soal tambang ilegal.

Bacaan Lainnya

Saat ditanya oleh awak media perihal ijin yang dikantongi oleh tambang tersebut dari Dinas ESDM, Kasatreskrim Polres Tuban terkesan diam tanpa memberikan stadment sedikitpun, meskipun sudah ditelepon hingga 3 hari berturut-turut, sejak 18 Juni.

Masyarakat sekitarpun paham, siapa dibalik bisnis ilegal tambang pasir ini, yang notabenenya merupakan orang kuat dan merasa bisa mengendalikan semuanya, bak hukum bisa dibeli.

“Kami tau betul, pemilik tambang dari 4 kecamatan tersebut berinisial S, dan kabarnya meskipun tanpa ijin berani, buktinya tidak pernah ada instruksi maupun inspeksi dari pihak kepolisian, agar tambang tersebut dihentikan,”tandas masyarakat sekitar.

Melihat fakta tersebut, kini peran Polri patut dipertanyakan, mampukah membongkar sindikat tambang ilegal yang keberadaannya sudah banyak merugikan keuangan negara. (KK)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *