UPT Puskesmas Kalidawir Melaksanakan Lokakarya Mini Lintas Sektor Guna Kolaborasi Membangun Kesehatan

Tulungagung | Brilian news.id – Puskesmas Kalidawir menjadi tuan rumah bagi kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor triwulan dua yang mengumpulkan para pemangku kepentingan kesehatan dan pemerintahan di wilayah Kecamatan Kalidawir.

Kepala Puskesmas Kalidawir Hanik Mudayati, S.ST., M.Kes, menuturkan kegiatan pada Mini Lokakarya triwulan dua tersebut memfokuskan pembahasan akan terwujudnya komitmen bersama pelaksanaan program PMT Lokal untuk sasaran Balita gizi kurang, Balita BB kurang, Balita Bawah Garis Merah (BGM), dan Ibu Hamil KEK (Kekurangan Energi Kronis) di 9 Desa wilayah kerja UPT Puskesmas Kalidawir yang akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang.

Hanik juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas, membina peran masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas dan menggalang komitmen bersama dalam pelaksanaan program kesehatan baru untuk masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Targetnya kami akan melakukan deteksi dini untuk Balita gizi kurang, Balita BB kurang, Balita Bawah Garis Merah (BGM), dan Ibu Hamil KEK (Kekurangan Energi Kronis) dan mengharapkan kerja sama dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), Kepala Desa dan Ibu PKK Desa, tokoh masyarakat, Pokmas serta unsur lainnya,” ungkap Hanik saat diwawancara, Jum’at (21/06/2024).

PMT Lokal akan dilaksanakan selama 4-8 minggu atau 56 hari untuk sasaran balita gizi kurang, 4 minggu atau 28 hari untuk Balita BB Kurang dan Balita dibawah Garis Merah, dan selama 120 hari untuk sasaran ibu hamil KEK.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini Puskesmas dan seluruh undangan bisa berkomitmen untuk bekerjasama dalam proses pendistribusian PMT Lokal kepada sasaran yang akan dibantu oleh Pokmas yang terdiri dari Ibu PKK desa dan kader”, tutupnya.

Mitha Faradina, S.Gz selaku Ahli Gizi UPT Puskesmas Kalidawir juga menerangkan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi – tingginya, bukanlah semata – mata menjadi tanggung jawab sektor kesehatan, puskesmas atau rumah sakit, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen bangsa, baik yang memili keterkaitan langsung maupun tidak. Karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya, karena semua hal tidak akan berjalan jika pelaku atau manusianya tidak sehat.

“Pelaksanaan Lokakarya Mini Lintas Sektor puskesmas ini sebagai implementasi terhadap amanat permenkes tentang manajemen puskesmas serta sebagai bentuk dukungan kepada puskesmas dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara layanan kesehatan di wilayahnya”, ungkapnya.

Ditambahkannya, lokakarya mini lintas sektor merupakan suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas itu sendiri.

Acara ini diikuti oleh beberapa undangan diantaranya Camat Kalidawir, Ketua TP PKK Kecamatan Kalidawir, Kapolsek Kalidawir, Danramil Kalidawir, Kepala KUA Kecamatan Kalidawir ,Kepala Dinsos, PP & KB, Korwil UPAS, seluruh Kepala Desa dan ibu PKK Desa dari 9 Desa wilayah kerja UPT PKM Kalidawir, Pokmas serta unsur lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *