Bank BJB Perkuat Ekonomi Desa Melalui Layanan Perbankan Inovatif di Banten

Brilian •SERANG – Bank bjb semakin mempertegas komitmennya dalam memperkuat perekonomian desa melalui program digitalisasi dan inklusi keuangan. Dalam acara yang berlangsung di Ballroom Hotel Aston, Serang, Banten, Bank bjb bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Banten menggelar evaluasi layanan kepada pemerintah desa dan mempererat hubungan dengan pengurus APDESI.

Acara ini dihadiri oleh CEO Regional IV Bank bjb Adie Arief Wibawa, Ketua APDESI Provinsi Banten Uhadi S.H., Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Ameriza M. Moesa, serta perwakilan dari DPMD dan DISKOMINFO Provinsi Banten dan kabupaten-kabupaten terkait.

Bank bjb berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya di Banten, melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah dan desa. Ini sejalan dengan misi bank untuk mengelola keuangan desa secara efektif dan optimal. Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank bjb, Widi Hartoto, menjelaskan bahwa bank terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan berbagai layanan perbankan inovatif.

Bacaan Lainnya

“Kami terus berupaya memperluas inklusi keuangan dan mempermudah akses layanan perbankan di desa-desa. Program Digitalisasi Desa, seperti Siskeudes Link yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri, serta layanan Laku Pandai – bjb BiSA adalah langkah konkret kami dalam mendukung kemajuan ekonomi desa,” ujar Widi Hartoto.

Bank bjb telah meluncurkan sejumlah program inklusi keuangan yang bertujuan memperluas akses perbankan hingga ke pelosok desa. Program Laku Pandai – bjb BiSA mempermudah masyarakat desa melakukan transaksi perbankan seperti pembukaan rekening, setoran tunai, penarikan tunai dan pembayaran pajak serta tagihan lainnya tanpa harus pergi ke bank. Agen Laku Pandai – bjb BiSA yang tersebar di berbagai desa menjadi perpanjangan tangan Bank bjb dalam membantu masyarakat desa melakukan transaksi perbankan.

Bank bjb juga telah menjalin kerjasama dengan APDESI Provinsi Banten melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS). Kolaborasi ini meliputi integrasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dengan Internet Banking Corporate (IBC) Bank bjb yang telah diimplementasikan di Kabupaten Lebak, Serang dan Tangerang, serta akan segera diterapkan di Kabupaten Pandeglang. Integrasi ini bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang lebih transparan dan akuntabel.

Dalam acara ini, dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Bank bjb dengan DPMPD dan DISKOMINFO Wilayah Banten. Bank bjb juga memberikan penghargaan kepada Kabupaten Lebak atas pengelolaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) terbaik bagi aparatur desa. Penghargaan juga diberikan kepada Bumdes UPK Ciruas LKD sebagai bentuk apresiasi Bank bjb kepada salah satu BUMDes terbaik yang berperan sebagai agen Laku Pandai – bjb BiSA.

Selain itu, acara ini juga diisi dengan evaluasi layanan Bank bjb terhadap pemerintah desa di wilayah Provinsi Banten. Evaluasi ini bertujuan meningkatkan kualitas layanan dan memastikan bahwa kebutuhan pemerintah desa terhadap layanan perbankan dapat terpenuhi dengan baik.

Dengan berbagai langkah dan program yang telah dilakukan, Bank bjb terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung kemajuan ekonomi desa. Melalui kolaborasi dengan APDESI dan berbagai inisiatif perbankan inovatif, Bank bjb berharap dapat berkontribusi lebih besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di Indonesia.**

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *