Jelang Lebaran, Kapolres dan Dandim Cek Ricek CCTV di Pertokoan Emas

Polri bersama TNI mengecek keamanan. (Foto : Istimewa)

Probolinggo | Brilian-news.id,-Jelang lebaran tahun ini, mobilitas manusia meningkat tajam yang berpotensi terjadinya peningkatan kriminalitas. Hal itu diungkapkan Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani yang didamping Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Arm Heri Budianto saat berpatroli ke sejumlah toko emas di Kota Probolinggo, Rabu sore, 3 April 2024.

” Toko-toko perhiasan emas di Kota Probolinggo kami himbau memasang perangkat Closed Circuit Television (CCTV). Keberadaan CCTV di toko emas sangat membantu polisi saat proses penyelidikan,” kata AKBP Wadi.

Menurutnya, berkumpulnya masyarakat di pusat perbelanjaan dapat menjadi celah adanya tindak kriminal seperti pencurian. Maka dari itu , Kepolisian bersama dengan TNI turun langsung mengecek sistem keamanan berupa CCTV di pertokoan emas. Hasilnya, kata Kapolres, tidak semua toko dilengkapi CCTV. Karena itu, ia mengimbau toko emas yang belum dipasang CCTV segera memasangnya.

Bacaan Lainnya

“Besok atau lusa akan kami cek kembali, apakah sudah terpasang atau belum. Bila belum terpasang juga, akan kami undang pemilik toko supaya bisa saling bekerja sama. Kami juga melaksanakan kegiatan preventif yaitu penjagaan dan patroli dari personil yang ada di pos pelayanan di depan Gedung Meteor. Nanti akan di-cover,” katanya.

Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto mengatakan, upaya ini dilakukan untuk mengingatkan masyarakat terkait keamanan yang merupakan tanggung jawab bersama.

“Kami mengimbau masyarakat yang memiliki tempat-tempat usaha untuk tetap memperhatikan segi keamanan di tokonya masing-masing,” katanya.

Sementara, Kepala Toko Emas Gadjah Muhammad Gufron, 30, mengatakan, tokonya belum dilengkapi CCTV. Kini penjagaan masih dari pihak karyawan masing-masing.

“Di sini ada 9 orang karyawan laki-laki yang juga turut menjaga ketika ada transaksi. Namun, usulan dari Kapolres Probolinggo Kota, telah kami sampaikan kepada pemilik toko. Saat ini sedang kami upayakan,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *