51 Personel Bhabinkamtibmas Ikuti Pelatihan Peningkatan Kemampuan

Wakil Kepala Kepolisian Resor Badung Kompol I Made Pramasetia, SH. SIK. MH menerima tim Pelatihan Peningkatan Kemampuan (Foto : Istimewa)

Brilian-news.id | BALI – Wakil Kepala Kepolisian Resor Badung Kompol I Made Pramasetia, SH. SIK. MH menerima tim Pelatihan Peningkatan Kemampuan (Latkatpuan) Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Bali tahun 2024 dari Ditbinmas Polda Bali dengan Tema “Melalui peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas Kita Kuatkan Peran Tugas Bhabinkamtibmas di Desa Binaan dalam rangka Harkamtibmas, di Aula Polres Badung Jl. Kebo Iwa No. 1 Mengwitani Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Bali. Jumat (15/03) pagi.

“Terimakasih dan Selamat datang kepada tim Latkatpuan Subdit Bhabinkamtibmas Polda Bali.” Ucap Kompol Made Prama mengawali sambutannya mewakili Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, SIK. kepada tim Latkatpuan yang dipimpin oleh Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Bali AKBP Margini S.Psi, beserta 8 personel lainnya dihadapan 51 personel Bhabinkamtibmas jajaran Polres Badung.

Menurut Kompol Prama Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak dan etalase Polri di tengah-tengah Masyarakat, maka selalu di lakukan pembinaan dan peningkatan kemampuan dalam hal melaksanakan tugas-tugas di lapangan diantaranya sambang, kunjungan (DDS) dan pemecahan masalah (Problem Solving) yang terjadi di masyarakat. Selain tugas pokok fungsi Bhabinkamtibmas juga harus mampu dalam penguasaan teknologi informasi, melalui laporan-laporan seperti bos V2, penguasaan media sosial seperti Facebook, Tiktok dan Instagram.

Bacaan Lainnya

“Kedepan Bhabinkamtibmas harus mampu membaca situasi dan kondisi baik sosial Ekonomi dan keamanan yang terjadi di lingkungan tugasnya, Bhabinkamtibmas harus memiliki catatan intel dasar desanya.” Imbuh perwira dengan satu melati emas dipundak tersebut.

Sementara itu Ketua Tim AKBP Margini S.Psi menjelaskan Kegiatan Latkatpuan Bhabinkamtibmas merupakan salah satu program Ditbinmas Polda Bali selaku Pembina fungsi, secara khusus pelatihan peningkatan kemampuan diberikan kepada para Bhabinkamtibmas dengan harapan agar para bhabinkamtibmas mampu memberikan tugas dan fungsinya di tengah – tengah masyarakat wilayah penugasan di desa/kelurahan binaan masing-masing guna terciptanya kamtibmas yang kondusif.

“Dalam upaya mewujudkan situasi kamtibmas yang Kondusif tersebut tidaklah mudah, diperlukan adanya peran serta dan pola Kerjasama/kemitraan partnership Building antara bhabinkamtibmas yang ditugaskan dengan seluruh lapisan masyarakat yang ada di wilayah desa/kel binaan masing-masing,” jelasnya.

Berkaitan dengan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan para Bhabinkamtibmas, Direktorat pembinaan masyarakat Polda Bali melalui tim yang ditugaskan akan memberikan beberapa materi pelatihan dengan tujuan meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan para Bhabinkamtibmas sebagai bekal dalam melaksanakan tugas di lapangan, beberapa materi pelatihan diberikan antara lain Melalui Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas kita Kuatkan peran tugas bhabinkamtibmas di desa dalam rangka harkamtibmas dan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 1 tahun 2021 tentang Pemolisian masyarakat.

“Dari dua materi di atas, tentunya materi tersebut diberikan sehubungan kaitannya dengan tugas dan kewenangan para Bhabinkamtibmas di masyarakat, Diantaranya menyelesaikan permasalahan – permasalahan ringan yang terjadi di masyarakat, sebagai pembina forum Sipandu beradat di desa adat, dan lain-lainnya,” imbuhnya yang dilanjutkan dengan pemberian materi materi oleh ketua dan tim.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *