Polres Gresik Menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bagi Masyarakat

Satkamling dapat dikatakan sebagai garda terdepan yang paling dekat dengan masyarakat untuk mengetahui situasi dan kondisi di tengah-tengah masyarakat

Gresik | Brilian News.id – Polres Gresik melalui Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam pengamanan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Wicaksana Laghawa dengan tujuan meningkatkan kemampuan warga dalam menjalankan tugas pengamanan Satkamling pada Selasa (05-03-2024).

Pelatihan mencakup aspek pengenalan tanda-tanda kejahatan, teknik pelaporan, hingga taktik sederhana dalam menjaga keamanan. Sebanyak 102 peserta pelatihan dari Kasatkamling dan Satkampling menunjukkan antusiasme tinggi.

Bacaan Lainnya

“Pelatihan ini sangat bermanfaat. Kami memperoleh pengetahuan tentang pengenalan deteksi kejahatan, yang sangat berguna bagi kami. Belum lagi pengetahuan lainnya,” ungkap salah satu peserta.

Kapolres Gresik, AKBP Adhitya Panji Anom, melalui Kasat Binmas Iptu Ali Fauzi, mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya mempererat kemitraan dengan masyarakat untuk meningkatkan keamanan dan kondusivitas lingkungan.

“Salah satu langkah nyata dari upaya tersebut adalah memberikan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling),” jelas Kasat Binmas.

Menurutnya, keberadaan Satkamling merupakan instrumen penting dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat.

“Dengan dukungan Bhabinkamtibmas yang profesional dan berdedikasi, Satkamling di wilayah Polres Gresik diharapkan akan semakin efektif dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan,” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa wilayah Kabupaten Gresik hingga saat ini masih dalam situasi aman dan kondusif. Namun, aparat dan masyarakat tidak boleh lengah, terutama dalam tahapan Pemilu 2024 yang masih berlangsung.

Kabag SDM Kompol Dedik Winardi saat membuka pelatihan menambahkan, Satkamling dapat dikatakan sebagai garda terdepan yang paling dekat dengan masyarakat untuk mengetahui situasi dan kondisi di tengah-tengah masyarakat.

“Untuk mencapai situasi yang aman dan kondusif di suatu daerah, terlebih dahulu harus menjaga keamanan di tingkat desa, kemudian kecamatan, dan selanjutnya kabupaten,” ucap Kompol Dedik Winardi.

“Di situlah pentingnya kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan Satkamling ini, sekaligus juga memberdayakan potensi masyarakat,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *