Mengawal Pemilu 2024, Peran Media Dalam Memperingati Hari Pers Nasional Di Kota Probolinggo

Potong tumpeng memperingati Hari Pers Nasional. (Foto : Brilian-news.id)

Brilian-news.id | Probolinggo,-Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari, Pemerintah Kota Probolinggo menggelar acara sosialisasi tentang peran media dalam mengawal pemilu 2024. Acara ini dihadiri oleh para wartawan, media massa, serta perwakilan dari berbagai lembaga dan partai politik, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya peran media dalam proses demokrasi, khususnya dalam konteks pemilu. Senin (04/03/2024)

Kegiatan tersebut juga dihadiri Langsung Oleh PJ Walikota Probolinggo. Nurkholis, Diskominfo kota. Aman Suryaman, Asisten Administrasi Umum. Perwakilan Kodim 0820/Probolinggo. Kapt. Arm Imam wahyudi, Perwakilan Polres Probolinggo Kota. Kasi Humas Polres Probolinggo Kota. Iptu Zainullah. SH, Kejaksaan Kota Probolinggo. Ketu PWI Berserta Anggotanya, Ketua F Wamipro Berserta Anggotanya. Ketua AWPR beserta Anggotanya, Ketua Jispro Beserta Anggotanya serta undangan yang hadir lainnya.

Media massa memiliki peran yang sangat penting dalam mengawal proses pemilu, mulai dari tahap kampanye hingga tahap penghitungan suara. Melalui liputan yang objektif dan berimbang, media memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat tentang calon-calon, program-program, dan isu-isu yang menjadi perhatian dalam pemilu.

Bacaan Lainnya

Dalam acara sosialisasi ini, para pemangku kepentingan membahas tentang etika dan standar jurnalistik yang harus dijunjung tinggi oleh media dalam meliput kegiatan pemilu. Wartawan diingatkan untuk tetap netral dan tidak memihak kepada salah satu kandidat atau partai politik, serta menghindari penyebaran berita palsu atau hoaks yang dapat mempengaruhi opini publik.

Selain itu, peran media sosial dalam mengawal pemilu juga menjadi sorotan dalam acara ini. Dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat, media sosial menjadi platform yang sangat berpengaruh dalam membentuk opini dan perilaku pemilih. Oleh karena itu, penting bagi media sosial untuk memastikan keberadaan konten yang berkualitas dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memilih berdasarkan informasi yang benar dan akurat.

Dalam konteks peringatan Hari Pers Nasional, acara ini juga menjadi momentum untuk mengapresiasi peran dan kontribusi para insan pers dalam menjaga kebebasan pers dan mendukung proses demokrasi di Indonesia. Para wartawan di Kota Probolinggo diberikan penghargaan atas dedikasi dan integritas mereka dalam memberikan pelayanan informasi yang berkualitas kepada masyarakat.

Dengan sosialisasi yang komprehensif tentang peran media dalam mengawal pemilu 2024, diharapkan masyarakat Kota Probolinggo dapat menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab, serta dapat memilih pemimpin yang sesuai dengan harapan dan aspirasi mereka. Semoga peringatan Hari Pers Nasional ini juga menjadi momentum untuk terus memperkuat kebebasan pers dan menjaga integritas jurnalistik sebagai salah satu pilar demokrasi yang kokoh di Indonesia.

Sementara Nurcholis selaku PJ Walikota Probolinggo. Juga mengajak komunitas jurnalis eksis dalam memberi informasi terkait pembangunan dan kemajuan kota Probolinggo. Kami yakin pers mempunyai peran yang sangat vital dalam memberikan info akurat pada masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *