Aspirasi Masyarakat Menjadi Prioritas: Rencana Pembangunan Kota Bandung 2025

Brilian•BANDUNG – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2025 di Kota Bandung mendapat perhatian serius dari DPRD Kota Bandung.

Dalam upaya mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum dan daya saing daerah, DPRD berharap rencana pembangunan tahun 2025 dapat menjadi instrumen utama.

Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., menegaskan dukungan penuh terhadap Musrenbang RKPD Kota Bandung tahun 2025.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya di Hotel Horison pada Senin, 4 Maret 2024, Tedy Rusmawan menggarisbawahi pentingnya keselarasan perencanaan pembangunan dengan visi RPJPD Kota Bandung menuju “Kota Bandung Bermartabat (Bandung Dignified City)”.

“Penting untuk mempertimbangkan secara menyeluruh unsur-unsur pembangunan sebagai bagian dari satu kesatuan faktor potensi, tantangan, hambatan, dan/atau permasalahan yang saling berkaitan,” ungkapnya.

Tedy juga menyoroti isu-isu prioritas yang diangkat, seperti kemiskinan penduduk, daya saing ekonomi, infrastruktur digital, dan penanganan sampah. Dari hasil pengawasan di lapangan serta masukan dari masyarakat, DPRD Kota Bandung menyusun Pokok-Pokok Pikiran sebagai panduan dalam menyusun RKPD tahun 2025.

Beberapa poin penting yang disoroti antara lain:

1. Memperhatikan target-target RPJPD yang belum tercapai.
2. Mengutamakan tema RKPD tahun 2025 tentang peningkatan daya saing perekonomian infrastruktur kota yang inklusif.
3. Meningkatkan anggaran untuk pemulihan ekonomi, infrastruktur, peningkatan SDM, dan kesejahteraan masyarakat.
4. Mendukung KUKM melalui program fasilitasi permodalan dan pengembangan usaha.
5. Memperbanyak pelatihan untuk mengurangi angka pengangguran.
Meningkatkan kepedulian terhadap kaum penyandang disabilitas.
Mengatasi masalah banjir, kemacetan, dan sampah secara proaktif.

Tedy juga menegaskan bahwa aspirasi masyarakat yang merupakan bagian penting dari Musrenbang, harus menjadi perhatian utama dalam menyusun RKPD 2025.

Pj. Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, juga menegaskan pentingnya Musrenbang sebagai wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan memastikan pembangunan berjalan sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

Melalui Musrenbang RKPD Tahun 2025, DPRD Kota Bandung berharap dapat menciptakan jembatan yang kuat untuk mewujudkan Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera, dan agamis. Ini merupakan langkah penting dalam memastikan pembangunan Kota Bandung berjalan sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan.

Dengan mengikuti aturan yang berlaku serta melibatkan seluruh pemangku kepentingan, Kota Bandung berharap dapat terus meningkatkan indeks pembangunan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.**

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *