Erick Darmadjaya Harap, Partisipasi Masyarakat Berinvestasi di Kota Bandung

Brilian•BANDUNG -DPRD Kota Bandung menghadiri Bandung Investment Summit 2023, di Hotel The Trans Bandung, Selasa (5/12/2023). Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Komisi A DPRD Kota Bandung, Erick Darmadjaya, B.Sc., M.K.P., Anggota Komisi B Wina Saringsih, S.E., dan Tanu Widjaya, S.T.

Hadir pula Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono, Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Barat Nining Yulistiani, Kepala DPMPTSP Kota Bandung Ronny Ahmad Nurudin, serta para investor dan pemangku kepentingan Kota Bandung dan nasional.

Sekretaris Komisi A DPRD Kota Bandung, Erick Darmadjaya, B.Sc., M.K.P., berharap lebih dibuka lebarnya partisipasi masyarakat untuk berinvestasi di Kota Bandung. Mengingat banyak masyarakat yang ingin ikut berinvestasi melalui Pemerintah Kota Bandung, namun tidak memahami cara dan aturan nya.

Bacaan Lainnya

“Kita melihat banyak warga yang sebenarnya memiliki tabungan yang besar, tapi tidak bisa berinvestasi karena tidak tahu caranya,” tuturnya.

Menurut Erick, tidak sedikit warga Kota Bandung yang memiliki tabungan hingga miliaran rupiah, namun tidak bisa ikut berinvestasi. Bisa jadi warga tidak mengetahui cara berinvestasi atau tidak memahami regulasinya.

“Kita ingin warga Kota Bandung yang berperan aktif dalam investasi. Mereka memahami perbankan yang sifatnya perorangan, seperti obligasi atau deposito. Padahal jika diberikan pengetahuan terkait investasi, tentu mereka akan tertarik, karena ada profit bagi mereka, serta ikut berpartisipasi dalam pembangunan Kota Bandung,” tuturnya.

Ia memahami juga adanya batasan minimal untuk berinvestasi di Kota Bandung. Akan tetapi, hal tersebut bisa diupayakan dengan membuat konsorsium sehingga renacana investasi bisa dilakukan.

“Misalnya dengan membuat konsorsium jadi mereka yang ingin berinvestasi bisa ikut di dalamnya. Tentunya sayang tabungan mereka tidak jadi produktif, padahal ada peluang berinvestasi di Kota Bandung,” ucapnya.

Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, acara yang digagas DPMPTSP Kota Bandung ini bertujuan sebagai upaya mengakselerasi pembangunan Kota Bandung.

“Dari berbagai upaya ini Pemkot Bandung ingin memastikan kemudahan perizinan yang ditawarkan,” tuturnya.

Kepala DPMPTSP Kota Bandung Ronny Ahmad Nurudin menambahkan, Bandung Investment Summit adalah agenda rutin tahunan yang diselenggarakan untuk mempromosikan investasi di Kota Bandung.

“Acara ini bertujuan sebagai bentuk apresiasi bagi para pengusaha, baik asing maupun dalam negeri, dan berbagai stakeholder di Kota Bandung, serta dalam rangka mempromosikan investasi di Kota Bandung,” tuturnya.**(ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *