Ini Petuah Habib Hadi Saat Pimpin Apel Remaja Aminah Di SMAN 4

Penggerak PKK Kota Probolinggo turun langsung ke sekolah-sekolah (Foto: Istimewa)

Brilian-news.id | Probolinggo – Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin memimpin apel pagi pelajar SMAN 4 Kota Probolinggo, Kamis (21/9). “Alhamdulillah setelah sekian lama Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo ingin turun langsung ke sekolah-sekolah untuk Program Remaja Aminah, akhirnya dapat terwujud saat ini. saya sampaikan terima kasih kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang sudah bekerja sama saling menguatkan. Dan tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama, anak-anak generasi muda yang ada di Kota Probolinggo adalah menjadi harapan dan kebanggaan Kota Probolinggo ke depannya,” buka Habib Hadi mengawali arahannya.

Ya, sebelum apel dimulai sebelumnya telah dibacakan Deklarasi Pelajar Aminah oleh seluruh peserta apel yang merupakan para pelajar SMAN 4 Kota Probolinggo. Deklarasi itu berisi tujuh poin tekad bersikap dan berperilaku dari perbuatan yang tidak menyimpang.

Terkait deklarasi itu, Habib Hadi memberikan arahannya. “Tadi kita sudah bacakan Deklarasi Remaja Aminah, tentunya itu harus dipahami makna dan artinya dan harapannya. Karena perlu saya sampaikan dalam kesempatan ini kepada siswa-siswi SMAN 4, masa depan, impian anda akan bisa diraih asal anda bisa menjaga diri,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Wali Kota pun menekankan bahwa sebagus apapun impian yang akan diraih siswa-siswi SMAN 4, mereka tetap harus bisa menjaga diri dalam perjalanan meraih impiannya itu. “Mengenai pergaulan, mengenai hal-hal yang bisa berdampak terhadap masa depan anda (narkoba, pergaulan bebas dan lain-lain) yang bisa memupuskan harapan masa depan. Maka dari itu, kita harus saling mengingatkan dan mulai sekarang menjadikan momentum kita untuk bersama-sama menjaga untuk mewujudkan impian kita semuanya,” serunya.

Lebih jauh Habib Hadi mengatakan bahwa generasi muda ini merupakan generasi penerus Kota Probolinggo. “Tidak menutup kemungkinan yang ada di sini akan menjadi bagian di pemerintahan untuk mewujudkan kemakmuran kemaslahatan di Kota Probolinggo. Jangan berkecil hati yang penting lakukan yang terbaik apa yang sudah disampaikan oleh para guru, diikuti dan terus dikembangkan. Karena kami lihat tadi prestasi-prestasi yang diraih itu sangat luar biasa. Untuk meraih prestasi itu besar perannya para guru,” katanya.

Ya, dalam apel itu juga diisi dengan pemberian piala kepada para siswa yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik. Tercatat ada 18 siswa meraih prestasi itu, piala diberikan langsung oleh Habib Hadi dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin.

Ia pun menyatakan dukungan penuh giat Pelajar Aminah yang diprakarsai oleh Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo. “Saya mendukung penuh karena ini menjadi bagian tanggung jawab kita (pemerintah kota, meskipun sekolah ini berada di bawah naungan Provinsi Jawa Timur tapi anak-anak yang ada disini tanggung jawab kita bersama, khususnya Pemerintah Kota Probolinggo,” jelasnya.

Ia berharap giat ini memiliki dampak komitmen yang baik pada generasi muda mempunyai tambahan wawasan agar menjaga masa depan, seperti membatasi hal-hal negatif tidak mempengaruhi dalam kehidupan yang akan dilalui.

Habib Hadi juga menyinggung soal unit layanan terpadu masalah keluarga dan anak, yaitu Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga). “Puspaga ada di sebelah barat Kecamatan Kanigaran. Apabila mau ada yang konsultasi dari bapak, ibu, wali murid, atau dari adek-adek. Tentunya Guru BK ini harus mempunyai peran juga untuk mengarahkan adik-adik kesana. Karena disitu ada dokter, psikiater, dan lain-lainnya. Untuk bisa saling menguatkan satu sama lainnya, bukan membiarkan satu masalah yang kecil dibiarkan pasti akan besar. Tapi jika masalah kecil bisa diatasi bersama-sama tidak akan berlarut-larut, tentunya bisa move on dan bisa melakukan yang terbaik untuk keberlangsungan kehidupannya,” imbaunya.

Di akhir arahannya, ia mengajak para guru untuk memberikan ruang dan akses seluas-luasnya kepada para siswa untuk menyalurkan hobi-hobi yang positif. “Kerjasamakan dengan KONI bila memang perlu kolaborasi bersama. Berikan suatu dispensasi tentang masalah belajar kalau memang mereka harus tampil atau melakukan kegiatan/ event-event di luar daerah. Karena hobi tentunya menjadikan penyemangat dalam meraih tujuan kehidupan,” pungkasnya.

Ditemui usai apel, Plt. Kepala SMAN 4 Erni Prasetyowati mengungkapkan pihaknya bersiap untuk memfasilitasi anak didiknya, khususnya bidang non akademik. “Kami memberi peluang sebanyak-banyaknya bagi anak-anak yang dititipkan kepada kami. Itu anak-anak yang luar biasa yang bisa di push potensinya akan kami upayakan, utamanya yang non akademik. Sehingga kami disini menyiapkan yang akademiknya. Jadi kami sangat mendukung sekali memberi peluang sebesar-besarnya anak-anak untuk bisa bertumbuh dan berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya. Seperti tadi anak-anak ,” terangnya.

Erni yang baru menjabat Plt. Kepala SMAN 4 sejak bulan Maret 2023 itu juga menyatakan terima kasih pada pemerintah kota terkait layanan Puspaga. “Terima kasih Puspaga, sehingga anak-anak kami nanti bisa terdampingi sejak awal sampai akhir karir di SMA,” tutupnya.

Sementara itu, Danton Paskibraka tahun 2023 SMAN 4 M. Fatih yang didapuk sebagai komandan apel pagi itu juga ikut menyuarakan. “Semua apa yang disampaikan oleh pak wali kota tadi benar-benar harus bisa diimplementasikan pada kita, khususnya bagi para remaja saat ini. Tidak hanya perilaku menyimpang, dalam dunia teknologi pun demikian. Sebaiknya para remaja bisa mensikapi dengan bijak bermedsos, biasanya para remaja suka sembarangan nyebarin berita-berita hoaks. Mudah-mudahan kita bisa menggunakan dunia digital dengan baik dan bijak ,” ujar pelajar berdomisili di Jalan Indra Giri-Mastrip.

Hadir dalam apel perwakilan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinsos P3A Rey Suwigtyo, Kepala Bakesbangpol Son Hadji, Camat Kanigaran Agus Rianto, Polsek dan Danramil Kecamatan Kanigaran, pengurus Pokja 1 TP PKK, segenap jajaran guru dan tata usaha SMAN 4 Kota Probolinggo.

Setelah apel dilanjutkan dengan pembinaan remaja aminah yang diikuti sebagian perwakilan pelajar SMAN 4 yang dilakukan di Aula lantai 2. Pembinaan ini diisi oleh Pokja 1 TP PKK Kota Probolinggo dengan materi generasi muda berakhlak dan berkarakter sebagai ujung tombak bangsa yang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *