Tedy Rusmawan Ajak Warga Kota Bandung Tingkatkan Kesadaran Lingkungan

Brilian •BANDUNG – Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., bersama Anggota DPRD Kota Bandung, Ir. H. Agus Gunawan, hadir dalam acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kota Bandung Tahun 2023 yang diselenggarakan di PT Pindad pada Selasa (20/6/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Tedy Rusmawan menyampaikan pentingnya peringatan Hari Lingkungan Hidup sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam menjaga kebersihan lingkungan serta mengurangi produksi sampah atau limbah plastik.

Menurut data yang disampaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, produksi sampah di Kota Bandung pada tahun 2022 mencapai 1.600 ton per hari.

Bacaan Lainnya

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup harus menjadi momentum bagi kita untuk lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, bahkan menjadi kebiasaan dan budaya baru di masyarakat Kota Bandung,” ujar Tedy Rusmawan.

Dalam upaya mewujudkan keteladanan dan budaya menjaga kebersihan lingkungan, Tedy mengajukan ide untuk menjalankan program kurangi, pisahkan, dan manfaatkan (Kang Pisman) sampah secara konsisten. Menurutnya, usaha ini dapat dimulai dari hal kecil dan dari diri sendiri, seperti mengelola sampah dari rumah masing-masing dengan cara dipilah sesuai jenisnya.

“Terkait upaya menjaga lingkungan hidup, salah satunya adalah dengan mencoba mengelola sampah dari rumah masing-masing dan memilahnya sesuai jenis. Hal ini merupakan kontribusi positif dalam menjaga lingkungan,” ungkapnya.

Tedy berharap bahwa dengan melaksanakan pemilahan sampah secara masif, bukan hanya dapat menjaga lingkungan hidup, tetapi juga mengurangi beban pengelolaan sampah oleh Pemerintah Kota Bandung.

“Ketika kita mulai melakukan pemilahan sampah secara mandiri, kita turut berkontribusi mengurangi potensi produksi sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), yang selama ini menjadi beban Pemerintah Kota Bandung,” tandasnya.

Selama acara tersebut, Tedy Rusmawan memberikan apresiasi kepada para penerima penghargaan yang telah berhasil melaksanakan pengelolaan sampah mandiri di berbagai lingkungan, mulai dari perusahaan, pemerintahan daerah, wilayah, hingga sekolah.

“Prestasi yang telah diraih oleh para penerima penghargaan harus menjadi motivasi untuk melakukan hal yang lebih besar dan memberikan dampak yang lebih luas. Bahkan, mereka dapat menjadi contoh bagi orang lain,” pungkas Tedy.**

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *