Jadi Agenda Rutin Tiap Tahun, TNI AL dan Angkatan Laut Australia Latihan Bersama

Brilian•Dabo Singkep – TNI AL dan Angkatan Laut Australia mengadakan latihan bersama dengan sandi Ausindo Amphibious Assult Exercise di perairan Dabo Singkep, Kepulauan Riau, pada hari Ahad (20/11) yang berlangsung 19-20 November 2022.

Latihan bersama ini ditinjau Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan disambut Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE, MSi. Peninjauan Panglima TNI itu dalam rangkaian meninjau Latihan Serbuan Pendaratan Amphibi di perairan itu.

Menurut Kapendam I/BB, ini merupakan program rutin setiap tahun yang diadakan oleh Royal Australian Navy bersama Angkatan Laut negara mitra di kawasan Indo Pacifik sejak tahun 2017.
Salah satunya, TNI AL.

TNI AL mengerahkan KRI Banjarmasin 592 yang didukung 500 prajurit terdiri pasukan pendarat Korps Marinir TNI AL, Kopaska dan Taifib, helikopter TNI AL, Tim Kesehatan serta dukungan pesawat udara F-16 milik TNI AU.

Angkatan Laut Australia sendiri mengerahkan personil dan kapal perang HMAS Adelaide, helikopter, LCC L, Zodiac, truk logistik dan ambulan.

Pendam I/BB menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya menjalin hubungan kerja sama TNI AL dan Australian Defence Force dengan menggelar latihan gabungan dengan sandi Ausindo Amphibious Assault Joint Exercise 2022 dengan melibatkan TNI AU, RAN dan Royal Australian Army. **

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *