Satgas Covid-19 Kodiklatal Gelar Patroli Kesehatan Ke Siswa Guna Tingkatkan Pemahaman Kesehatan

Brilian Sidoarjo, -Dalam upaya meningkatkan pemahaman kesehatan, tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) menggelar patroli kesehatan dengan sasaran Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLI/2 yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo, Jumat, (10/12/2021).

Patroli Kesehatan ini di bawah Koordinator Komandan Pusat Pendidikan Kesehatan (Danpusdikkes) Kodikdukum Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort, sekaligus menjabat Dansatgas penanggulangan Covid-19 Kodiklatal.

Dalam kesempatan tersebut Danpusdikkes Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort, menyampaikan bahwa patroli kesehatan ini dengan target para siswa Dikmata Angkatan Ke-41 Gelombang 2 karena siswa ini sebelumnya dari masyarakat sipil dan baru saja masuk mengikuti pendidikan dasar keprajuritan di Puslatdiksarmil Kodiklatal.

Adapun patroli ini bertujuan untuk membekali para siswa mengenai pemahaman virus Covid 19, pemahaman Heat Stroke, pemahaman Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan proses Evakuasi Medis. Untuk kelancaran pemahaman materi, tim Kesehatan Kodiklatal turut menyertakan Alat Instruksi berupa boneka manekin, tandu dan sketsel berisi materi BHD, Heat Stroke dan proses evakuasi pasien pertama dari lokasi kecelakaan hingga menuju Rumah Sakit bila harus di rujuk ke Rumah Sakit.

Agar efisien waktu dan pelaksanaan para Siswa Dikmata ini dibagi dalam empat kelompok dan mendapat materi secara bergantian. Untuk materi virus Covid 19 disampaikan oleh Letkol Laut (K) M. Nurdin, meteri Heat Stroke disampaikan oleh Letda Laut (K) dr. Briliant Ibnu Sina, materi Bantuan Hidup Dasar oleh Serma Rum Mulyadi dan proses Evakuasi disampaikan oleh Serka Rum Dedi.

Selain memberikan berbagai materi kesehatan dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan tanya jawab yang diikuti secara antusias para siswa Dikmata Angkatan Ke-41 Gelombang 2.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *