Gus Baha Beberkan Penyebab Sulitnya Dapat Jodoh, Ini Solusinya

Brilian°Kajian – Ulama ahli tafsir Al-Qur’an, Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin) membeberkan penyebab seseorang sulit mendapatkan jodohnya. Pengasuh Pesantren Tahfidz LP3IA Narukan Rembang itu juga memberikan solusinya.

Dalam satu kajiannya dilansir dari kanal Youtube “Santri Ngaji”, Gus Baha menjelaskan hal-hal yang selama ini menghalangi datangnya jodoh.

Berikut penjelasan Gus Baha yang menukil ayat Al-Qur’an:

Bacaan Lainnya

 

وَاَنۡكِحُوا الۡاَيَامٰى مِنۡكُمۡ وَالصّٰلِحِيۡنَ مِنۡ عِبَادِكُمۡ وَاِمَآٮِٕكُمۡ‌ ؕ اِنۡ يَّكُوۡنُوۡا فُقَرَآءَ يُغۡنِهِمُ اللّٰهُ مِنۡ فَضۡلِهٖ‌ ؕ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيۡمٌ

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.” (QS. An-Nur Ayat 32)

Kata ‘Ayaama’ adalah bujang, orang yang tidak memiliki pasangan sah baik dia perawan/perjaka maupun janda/duda dan orang-orang yang tidak memiliki suami. Dan ini berlaku untuk para wanita yang merdeka (bukan budak). Nikahkanlah juga orang-orang yang layak.

Jadi, orang-orang Islam yang kaya, atau penguasa itu dianjurkan Allah untuk menikahkan orang-orang yang belum laku untuk kawin. Makanya kata Umar Bin Abdul Aziz ketika masih menjabat Khalifah, “Boleh mengambil uang Baitul Mal untuk membiayai perjaka yang tidak laku untuk kawin.”

Jadi negara berkewajiban menikahkan perjaka-perjaka yang tidak mampu nikah karena faktor biaya. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka. Ini dalilnya, orang-orang kalau sudah menikah pasti diberi kecukupan. Dengan menikah, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya.

Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menahan diri dari zina. Lalu nikah itu mudah, yang bikin susah itu nafsu kalian kan? Saya sering ngomong ke santri-santri perjaka tua yang bikin kalian tidak laku itu nafsu kalian sendiri.

Maksud dari nafsu itu adalah kriteria tinggi yang di antaranya berharap rupa cantik, nasabnya baik, dan ekonominya bagus. Maka kriteria merupakan penghambat seseorang mendapatkan jodoh.

Andaikan kriterianya ‘yang penting perempuan’, saya pikir nikah itu mudah jadi yang bikin kalian tidak menikah itu apa; seleramu atau tidak ada perempuan?

Sulitnya mendapatkan jodoh disebabkan oleh nafsu (selera). Artinya selera ataupun kriteria tinggi yang diinginkan. Agama itu mudah, yang bikin repot itu nafsu kalian.

Solusi Agar Cepat Dapat Jodoh:

Kalau Anda yakin nikmat terbesar adalah iman dan Islam, maka kamu dan istrimu sudah memiliki nikmat terbesar itu! Sehingga kamu (akan) mengabaikan hak-hal kecil seperti tidak dibuati kopi dan lain-lain. Suami mau mandi minta dimasakin air hangat segal. Paham ya? jadi yang dilihat itu adalah Islam itu bahwa semua hal memiliki kemudahan.

Yang bikin susah itu nafsu kalian! Diingat ya, ini teori pasti benarnya. Dunia itu mudah. Susah itu jika sudah menuruti nafsu!

Jika Anda membayangkan nikah harus sesuai kriteria Anda. Istri cantik, tubuh semampai, dari keluarga baik-baik. Jika terus menuruti nafsu, dia anak tunggal, orang tuanya mau mati dan dia kaya (hahaha). Kamu turuti terus malah ngelunjak.

Allah berfirman, Dia akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.

Jadi solusi agar cepat mendapatkan jodoh, hilangkan dulu nafsu (selera) kalian. Nikah itu sangat mudah, kita sendiri yang mempersulitnya.

Demikian penjelasan Gus Baha, semoga Allah mencurahkan taufik-Nya untuk kita.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *