Dankodiklatal dan Para Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya Terima Tim Pemeriksa Interim BPK RI

Brilian°Surabaya, – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat dan para Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya menerima tim Pemeriksa Interim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) yang dikemas dalam acara Entry Meeting Tim BPK RI dengan Pangkotama/Kasatker TNI AL Wilayah Surabaya. Adapun Entry Meeting ini di laksanakan di gedung Moeljadi Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Selasa, (16/11/2021).

Para pangkotama TNI AL yang turut serta dalam Entry Meeting ini antara lain Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr. (Han)., Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han)., Danpuspenerbal Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han., Danlantamal V Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han)., M.Tr. (Opsla)., CHRMP., Dan STTAL Laksma TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., Danpasmar -2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc, CHRMP., Kepala RSPAL Dr. Ramelan Surabaya Laksma TNI Dr. Radito Soesanto, Sp.Tht-Kl, Sp.Kl. dan Kepala Dopusbektim Kolonel Laut (T) Iwan Indrawan, M.Si (Han).

Sementara tim BPK RI yang hadir dalam acara Wasrik Kotama TNI AL Wilayah Suarabaya ini berjumlah 24 personel dipimpin langsung Bapak Hendra Gunawan, S.E., M.Si., A.K, C.A, A.C.P.A. Selaku wakil penanggung jawab tim BPK RI.

Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bapak Hendra Gunawan, S.E., M.Si., A.K., C.A., A.C.P.A. Selaku wakil penanggung jawab I tim BPK RI. Menurutnya sesuai Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003, Undang-Undang Nomor 1 tahun 2004 dijelaskan bahwa harus ada kesesuaian atas laporan keuangan kementerian dan lembaga dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), sehingga perlu adanya pemeriksaan BPK untuk meyakinkan bahwa laporan keuangan yang telah disusun sesuai dengan standar akuntansi pemerintah dan sesuai dengan perundang-undangan.
Dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI Pasal 69 disebutkan bahwa pengawasan dan pemeriksaan pengelolaan anggaran pertahanan negara oleh TNI dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Pemeriksaan interim BPK ini merupakan pemeriksaan yang dilakukan pada tahun berjalan atau sebelum laporan keuangan diserahkan oleh Kemhan dan TNI kepada BPK. Pemeriksaan interim dengan tujuan mengumpulkan data/dokumen terkait penyusunan laporan keuangan U.O TNI AL, LK U.O Kemhan TA 2021 dan kinerja siber serta kinerja perencanaan pemenuhan alutsista. Dari pemeriksaan BPK atas laporan keuangan ini, nantinya akan diperoleh opini atas laporan keuangan Kemhan dan TNI. Kita semua berharap dapat mencapai opini Wajar Tanpa Pengecualian, yang tentunya opini tersebut dapat diperoleh dengan usaha keras kita bersama.

Dankodiklatal berharap pelaksanaan pemeriksaan interim BPK atas laporan keuangan TNI AL tahun 2021 dapat berjalan lancar dan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk menjaga kesehatan kita semua, serta saya harapkan antara Kotama/-Satker TNI AL wilayah Surabaya dengan tim BPK bersinergi dalam pelaksanaan pemeriksaan, sehingga hasilnya bermanfaat sebagai bahan koreksi atas laporan keuangan di jajarankotama/satker tni Angkatan Laut tahun 2021 di wilayah Surabaya menjadi lebih baik. Kepada kotama/satker terkait yang akan dikunjungi agar memberikan dukungan dokumen dan keterangan yang diminta tim BPK, serta menjadikan tim BPK sebagai consulting partner dalam menyelesaikan rekomendasi BPK yang belum dapat diselesaikan.
Sementara itu Hendra Gunawan, S.E., M.Si., A.K, C.A, A.C.P.A. Selaku wakil penanggung jawab I tim BPK RI menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dan para Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya atas sambutan yang diberikan Tim BPK RI.

Adapun selama di Kotama TNI AL Wilayah Surabaya ini dirinya beserta tim BPK yang berjumlah 28 personel akan melaksanakan pemeriksaan interim di Kotama atau Satuan Kerja TNI AL wilayah Surabaya. Ada empat bidang yang akan menjadi fokus pemeriksaan Tim BPK RI, yakni Pemeriksaan Interim atas Laporan Keuangan (LK) Kemhan dan TNI, Pemeriksaan Terinci Kinerja atas Pemenuhan Alutsista, Pemeriksaan Terinci Kinerja atas Keamanan dan Pertahanan Siber, serta Pemeriksaan atas Selisih TKTM antara Baranahan Kemhan dengan Satuan Kerja terkait.

Adapun Kotama TNI AL Wilayah Surabaya yang akan dilaksanakan pemeriksaan tersebut adalah Kodiklatal, Koarmada II, Puspenerbal, Akademi Angkatan Laut (AAL), Lantamal V, Dopusbektim, Sekolah Tinggi Teknik Angkatan Laut (STTAL), RSPAL Dr. Ramelan dan Pasmar 2 Surabaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *