Bawaslu Siap Lakukan Pengawasan Kapan Pun Pemilu 2024 Digelar

Ilustrasi logo Bawaslu

Brilian•Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menegaskan selalu siap kapan pun penyelenggaraan Pemilu 2024 dilaksanakan. Sejauh ini memang belum diputuskan kapan tanggal pasti pesta demokrasi itu digelar.

“Terkait jadwal pemilu 2024 sampai hari ini betul belum mengerucut, masih ada dua opsi yang ditawarkan KPU, yang Februari dan pemerintah yang Mei, jadi belum diputuskan” kata Ketua Bawaslu Abhan di Anyer, Banten, Kamis (11/11) malam.

Menurutnya, pihaknya hanya menunggu adanya pembahasan lanjutan dan pengambilan keputusan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), DPR, dan pemerintah.

Bacaan Lainnya

“Kalau seandainya Desember nggak bisa, sampai awal tahun dibicarakan lagi,” jelasnya.

Komisioner Bawaslu, Fritz Edward Siregar menambahkan, soal tanggal penyelenggaraan Pemilu 2024 baik itu 21 Februari atau pun 15 Mei, bukanlah domain Bawaslu untuk memberikan dukungan.

“Dalam berbagai kesempatan saya selalu mengatakan, apapun tanggalnya, kapan pun itu, Bawaslu siap. Nah, jadi kadang-kadang kami diminta untuk dipojokkan, mau dukung mana 21 Februari atau 15 Mei. Karena kami dalam posisi apapun tanggal yang dipilih pemerintah dan KPU, dan Komisi II terkait tanggal pemilu, kami siap untuk melakukan fungsi pengawasan,” tuturnya pada awak media.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *