PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, 24 Daerah Masuk Kategori Level 1

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, 24 Daerah Masuk Kategori Level 1

Brilian•Jakarta – Pemerintah memperpanjang kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali mulai 9 sampai 22 November 2021. Total ada 24 kabupaten/kota yang berhasil masuk ke kategori PPKM level 1.

Hal ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 58 tahun 2021 tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 Serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Berdasarkan salinan Inmendagri itu, daerah yang berstatus PPKM level 1 tersebar di 12 provinsi di Indonesia. Mulai dari, Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, hingga Papua.

Penetapan level wilayah PPKM berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Lalu, ditambahkan dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1.

Level PPKM kabupaten/kota dinaikkan 1 level apabila capaian total vaksinasi dosis 1 kurang dari 40 persen. Adapun aktivitas masyarakat di daerah yang berada di PPKM level 1 sudah mendekati normal.

“Penerapan PPKM Level 1 ini akan mendekati aktivitas kehidupan masyarakat yang normal,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers, Senin (4/10/2021).

Berikut daftar daerah di luar Jawa-Bali yang terapkan PPKM level 1, sebagaimana dikutip Liputan6.com dari salinan Inmendagri pada, Selasa (9/11/2021):

1. Aceh: Kota Banda Aceh

2. Sumatera Utara: Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Batu Bara, Kota Gunungsitoli, Kota Binjai, Kabupaten Nias, Kabupaten Dairi, Kota Sibolga, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Pakpak Bharat, dan Kabupaten Samosir

3. Kalimantan Tengah: Kabupaten Pulang Pisau

4. Kalimantan Selatan: Kabupaten Tanah Bumbu

5. Kalimantan Timur: Kabupaten Kutai
Kartanegara

6. Sulawesi Utara: Kabupaten Minahasa
Tenggara

7. Sulawesi Tengah: Kabupaten Morowali

8. Sulawesi Tenggara: Kabupaten Konawe Utara

9. Gorontalo: Kabupaten Pohuwato,
Kabupaten Boalemo, dan Kota Gorontalo

10. Maluku Utara: Kabupaten Pulau Morotai

11. Papua: Kabupaten Keerom, dan
Kabupaten Merauke

12. Papua Barat: Kabupaten Manokwari

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *