Survei sebut 1 dari 8 Pengguna Facebook Tidurnya Terganggu

Ilustrasi logo aplikasi pertemanan (Sosial Media) Facebook

Brilian•Amerika Serikat – Dalam penelitian internal, Facebook menemukan 1 dari 8 penggunanya melaporkan penggunaan media sosial yang kompulsif bisa mengganggu tidur, pekerjaan, dan relationship mereka.

Mengutip laporan The Wall Street Journal (WSJ), seperti dilansir The Verge, Senin (8/11), kondisi uni disebut Facebook sebagai “penggunaan bermasalah” atau lebih dikenal sebagai kecanduan internet.

Menurut WSJ, Facebook memiliki tim yang berfokus pada kesejahteraan pengguna, menyarankan untuk menghindari penggunaan yang bermasalah, beberapa di antaranya telah diterapkan. Namun, perusahaan menutup tim tersebut pada 2019.

Pratiti Raychoudhury, Wakil Presiden Penelitian untuk Meta (perusahaan induk baru Facebook) menulis dalam blog bahwa WSJ salah mengartikan penelitian tersebut (klaim perusahaan tentang beberapa artikel lain yang diterbitkan WSJ berdasarkan dokumen internal Facebook).

Raychoudhury mengatakan perusahaan telah terlibat dan mendukung upaya selama bertahun-tahun guna lebih memahami dan memberdayakan orang-orang yang menggunakan layanannya untuk mengatasi penggunaan media sosial yang bermasalah.

“Itulah mengapa pekerjaan ini telah berlangsung selama beberapa tahun, termasuk sekarang,” klaim Raychoudhury.

Ada Perbedaan
Ia berpendapat bahwa penggunaan yang bermasalah tidak sama dengan kecanduan dan perusahaan telah menyediakan fitur untuk membantu orang mengelola pengalaman mereka di aplikasi dan layanan Facebook.

Laporan tersebut adalah salah satu yang terbaru dalam seri yang disebut WSJ sebagai Facebook Files, berdasarkan dokumen internal yang dibocorkan mantan karyawan Facebook Frances Haugen.

Pemberitaan yang diterbikan WSJ menunjukkan bahwa Facebook tahu ada masalah yang dapat ditimbulkan oleh platformnya. Misalnya, salah satu laporan menyarankan agar Facebook menyadari bahwa Instagram berbahaya bagi remaja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *