Dankodiklatal Berikan Pembekalan Peserta Wasdal Latihan Operasi Dukungan TNI AL TA 2021

BrilianSurabaya, – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku Direktur Latihan (Dirlat) Latihan Operasi Dukungan (Latopsduk) TNI AL TA 2021 memberikan pembekalan kepada peserta Pengawas dan Pengendali (Wasdal) Latopsduk TNI AL TA 2021 yang dilaksanakan di Auditorium Gedung R Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin, (1/11/2021).

Dalam pembekalanya Dankodikatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat menyampaikan bahwa pembekalan sekaligus penataran Wasdal ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi satu kata, satu pengertian, satu referensi sehingga dalam pelaksanaan Latihan Operasi Dukungan ini dapat berjalan lancar sesuai dengan skenario yang diprogramkan.

Adapun sasaran latihan adalah para peserta menguasai dan mahir dalam melaksanakan mekanisme Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada penyusunan Rencana Operasi (RO) tiap-tiap satuan tugas serta terwujudnya pola pikir, pola tindak dan persepsi yang sama antar prajurit guna mendukung Operasi Gabungan TNI.

Dalam pelaksanaan Latopsduk TNI AL TA 2021 ini TNI AL menyelenggaraan empat operasi Satuan Tugas Dukungan (Satgasduk) antara lain Satgasduk Hukum, Satgasduk Komlek, Satgasduk Kesehatan dan Satgasduk Teritorial. Latihan yang dilaksanakan hingga 15 November melibatkan sedikitnya 924 orang terdiri pelaku dari berbagai Kotama, pendukung latihan, Wasdal dan penilai latihan.

Untuk pelaksanaan latihan ini Mako dan kedudukan Komandan Satgasduk dibeberapa Kotama TNI AL, Satgasduk Hukum berada di Dinas Hukum (Diskum) Lantamal V Surabaya, Satgasduk Kesehatan di RSPAL dr Ramelan Surabaya, Satgasduk Komlek berada di Koarmada II dan Satgasduk Teritorial berada di Lantamal V Surabaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *